HP : 081380502939
[:id]10 Tips Sukses Bisnis Online di Instagram[:]

[:id]10 Tips Sukses Bisnis Online di Instagram[:]

[:id]Kakakoa Peluang Reseller – Inilah Tips Sukses Bisnis Online. Bisnis online sekarang tengah booming. Bisa dilihat dengan banyaknya peminat usaha ini. Transaksi online selain memudahkan para penjualnya/seller juga memudahkan para pembelinya/buyer.


Dalam bisnis tentu membutuhkan iklan, begitu juga bisnis online. Saat ini tak sedikit pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk keperluan promosi produknya. Salah satu media sosial yang cukup ramai digunakan sebagai media promosi yaitu Instagram.

Jika ingin serius melakukan promosi di Instagram untuk mencapai hasil maksimal dalam promosi, maka perlu trik khusus supaya promosi bisnis online Anda di Instagram dapat efektif. Berikut kami rangkum tips dan trik sukses berbisnis di Instagram.

Tips Sukses Bisnis Online di Instagram

1. Perhatikan Nama Akun Instagram Anda

Pilihlah Nama yang punya karakteristik yang mencerminkan ciri khas dari produk yang Anda jual. Tambahkan juga  keterangan lengkap dan detail mengenai produk Anda, seperti lokasi jualan Anda, nomor telepon Anda, dan lain sebagainya.

Nama Toko dan Username: Hindari membuat nama dan username yang sulit diingat, buat username yang singkat, unik, dan gampang diingat.

Keterangan: Beri keterangan mengenai produk Anda jual. Misalnya, jika Anda menjual makanan, maka tambahkan keterangan berupa “jual produk makanan”. Bisa juga tambahkan keterangan seperti rasa, ketersediaan stok, dsb.

Lokasi Anda: Jangan lupa cantumkan lokasi Anda. Anda bisa mencantumkan alamat kota lokasi di mana produk Anda diproduksi, dan jika Anda memiliki toko offline, maka cantumkan juga di akun Anda.

Kontak Nomor atau PIN BBM: Tambahkan nomor telepon, BMM/WA/Line Anda agar memudahkan pengunjung IG Anda untuk menghubungi Anda. Sertakan juga media sosial lain jika Anda memilikinya.

Jika Anda tidak ragu, Anda juga boleh terbuka soal identitas Anda di publik. Dengan mengetahui validits data Anda, calon konsumen Anda pun bisa bertambah yakin untuk membeli produk Anda.

 

img media sosial
image src: aurimasgircys.com

2. Koneksikan Akun Instagram Anda dengan Media Sosial Lain

Dengan mengkoneksikan akun IG Anda dengan medsos Anda yang lain maka promosi bisnis online yang Anda lakukan bisa semakin luas. Facebook, Twitter, Blogger, Tumblr, dan Flickr adalah sebagian media sosial yang dapat Anda koneksikan dengan akun instagram Anda.

Setiap kali Anda memposting update produk Anda di Instagram, bagikan juga ke media sosial lain. Hal ini bertujuan agar orang di media sosial lain mengetahui bahwa Anda pun aktif menggunakan Instagram.

Misalnya, jika ada pengguna Facebook yang juga aktif menggunakan Instagram, maka ketika mereka menemukan postingan Instagram Anda di beranda mereka, mereka bisa menuju ke akun IG Anda dan barangkali Anda akan difollow oleh mereka di Instagram.

 

3. Tampilkan Produk Anda dengan Foto Produk yang Kreatif

Ciptakan kesan pertama yang memukau ketika pengunjung akun Anda melihat postingan foto produk Anda. Buat foto produk Anda secara mengesankan, penuh kreatifitas yang membuat orang tak bosan-bosannya melihat akun Instagram Anda. Mungkin Anda bisa belajar sedikit tentang teknik dasar dalam Desain Grafis.

Berbeda dengan jualan secara offline, jualan di Instagram perlu kreatifitas tingkat tinggi agar produk Anda bisa laku.

Kamera ponsel smartphone sekarang banyak yang telah memiliki kualitas jepretan yang tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk foto produk. Ada juga beberapa aplikasi smartphone yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan foto produk Anda.

Jika Anda memiliki skill desain grafis, maka bisa Anda edit foto produk menggunakan Photoshop dan lain sebagainya.

Perlu diingat juga bahwa di Instagram tersebut Anda tengah promosi, yang intinya bertujuan untuk memikat, maka foto produk Anda perlu dibuat semenarik mungkin.

 

4. Tambahkan Sedikit Humor jika Perlu

Untuk selingan, Anda bisa menambahkan sedikit humor pada upload-an Instagram Anda. Supaya orang tidak jenuh dengan timeline Anda. Juga bertujuan agar follower Anda senang dengan apa yang Anda bagikan.

Perlu diingat juga, kenali pasar Anda dan kenali juga selera mereka. Dengan begitu Anda bisa membuat konten humor yang pas.

img clock
img src: mlive.com

5. Posting Konten Secara Teratur

Posting di Instagram Anda secara terjadwal, misalnya Anda memposting foto di sore hari, kemudian posting di sore hari berikutnya. Dengan begitu Anda bisa memberi sinyal kepada followers IG Anda kapan Anda aktif di Instagram.

Yang perlu Anda perhatikan juga, untuk tidak melakukan posting konten/foto berlebihan dalam satu hari, supaya follower Anda tidak menganggap akun Anda sebagai akun spam/bot.

 

6. Gunakan Hashtag yang Sesuai Produk dan Tepat Sasaran

Hashtag dapat Anda artikan sebagai kata kunci untuk produk Anda, misal jika Anda menjual produk berupa coklat batang maka Anda bisa membuat hastag #CoklatBatang. Tidak hanya satu Hashtag, Anda bisa membuat beberapa Hashtag lain seperti #CoklatBatang , #CoklatUnik , #JualCoklatBatang , dsb.

Hastag ini biasanya akan muncul dalam fitur pencarian Instagram, misal ketika seseorang mencari “coklat” maka Hashtag yang telah Anda buat kemungkinan akan tercantum di hasil pencarian, sehingga produk Anda pun akan ikut tampil.

Tapi, jangan juga menggunakan hastag yang berlebihan, dan juga hastag yang Anda cantumkan juga perlu ada keterkaitan dengan produk yang Anda jual tersebut.

 

7. Tulis Rincian Produk yang Anda Jual

Tambahkan deskripsi produk yang Anda jual, seperti ukuran, berat, warna, dsb. Anda juga perlu mencantumkan cara pemesanan dan metode pengiriman produk.

Dengan demikian, Anda telah memberi kejalasan informasi kepada pembeli, sehingga mereka tidak menanyakan kembali hal-hal yang telah Anda cantumkan tersebut.

Rincian produk bisa juga Anda tulis langsung di dalam foto yang Anda posting atau melalui kolom dari foto yang Anda posting. Dua opsi ini bisa juga Anda gunakan bersama–sama.

 

8. Buatlah Diskon dan Giveaway

Jika perlu, buatlah diskon mengenai produk yang Anda jual supaya orang tertarik untuk membeli. Secara tidak langsung, diskon cukup berperan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tampilkan diskon dengan cara harga coret.

Sedangkan Giveaway adalah sebuah kegiatan promosi berupa hadiah gratis kepada siapa saja berupa produk yang dijanjikan oleh pemilik, namun peserta giveaway harus memenuhi syarat tertentu untuk mendapatkan hadiah gratis tersebut. Misalnya harus menyebarkan produk Anda di media sosial mereka, atau menulis ulasan/review di blog mereka. Dengan begitu jangkauan promosi produk Anda bisa lebih luas lagi. Metode promosi Giveaway seperti ini cukup populer di Amerika.

img perbanyak follower instagram
img src: linkedin.com

9. Perbanyak Followers Instagram Anda

Jika tidak ada follower, maka siapa yang akan melihat produk Anda?

Nah, tidak hanya fokus pada desain foto produk, Anda juga perlu fokus pada jumlah followers Instagram Anda.

Bagaimana cara menambah follower?

Dari segi konten, yang bisa Anda lakukan misal dengan menyusupkan postingan humor atau yang sedang trend di sela-sela postingan produk Anda, dengan begitu, orang yang melihat postingan Anda bisa menjadi tertarik untuk mengikuti/follow Instagram Anda. Juga bisa memancing retweet/regram dari follower Anda.

Jika Anda sulit dapat followers, pertama Anda coba saja follow beberapa orang yang sekiranya banyak jumlah following-nya, siapa tahu nanti mereka follow back ke Anda.

 

10. Respon Secara Cepat dan Ramah

Bisnis online dituntut untuk sering online setiap waktu. Para konsumen pastinya ingin respon yang cepat, maka dari itu Anda perlu siap sedia menanggapi konsumen Anda.

Respon yang cepat bukan hanya satu-satunya hal yang bisa membuat konsumen Anda puas, tapi Anda juga perlu bersikap ramah dan bersahabat dalam menanggapi konsumen.

 

Kesimpulan,

Sebagai pelengkap tips sukses bisnis online di instagram, jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips singkat di bawah ini.

  • Like dan Komentar konten/foto Followers/Following. Jangan hanya fokus berbisnis online, pastikan Anda juga aktif dengan mereka agar akun Anda menjadi lebih hidup, sehingga dapat terjalin hubungan/interaksi yang hidup.
  • Like dan Komentar Foto di Setiap Hashtag yang Anda Target. Cobalah untuk comment pada mereka yang menggunakan hashtag yang sama, isi comment bisa seperti “Bagus! Coba mampir-mampir ke lapak Ane Yuk!!”, dan sebagainya.

 

Itulah Tips Sukses Bisnis Online Lewat Instagram ala Kakakoa. Jika Anda ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar di bawah ya… Semoga bermanfaat.

 

sumber: dianisa.com | giveawaygratis.blogspot.co.id | entrepreneur.com[:]

Tinggalkan Balasan

Close Menu