HP : 081380502939
Apa itu Bisnis Online dan Bagaimana Cara Bisnis Online?

Apa itu Bisnis Online dan Bagaimana Cara Bisnis Online?

[:id]Apa itu bisnis online dan gimana sih cara bisnis online ini? Mungkin kita sering mendengar istilah “bisnis online” namun mungkin ada yang belum punya gambaran yang jelas mengengai apa itu bisnis online dan cara kerjanya itu sendiri. Dalam artikel kali ini akan Admin bagikan apa itu bisnis online dan bagaimana cara menjalankan bisnis online serta memilih model bisnisnya.

1. Memahami Apa itu Bisnis Online

Bisnis online pada dasarnya sama halnya dengan bisnis offline atau bisnis konvensional yang biasa orang-orang sebelum ada internet jalankan. Sama prinsipnya, menyediakan produk atau jasa untuk dijualkan.

Bedanya?

Beda antara bisnis online dan offline yang paling jelas yaitu terletak pada “perantara”-nya saja. Jika bisnis online menggunakan jaringan internet maka bisnis offline tidak menggunakannya. Contohnya: Pedagang di pasar menjual pakaian (termasuk bisnis offline), pedangang menjual pakaian via media sosial seperti FB/IG atau melalui Ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak (termasuk bisnis online).

Jika ketika jualan dagangan secara offline kita membuka warung, toko, restoran, dan sejenisnya. Sedangkan ketika menjalankan bisnis online, kita bisa membuat website, toko-online, atau akun ecommerce.

Jadi jangan anggap keduanya sama sekali berbeda ya, karena pada dasarnya baik jualan offline atau online sama hanya perantara usahanya saja yang berbeda.
Sekarang sudah tahu kan bedanya?

img persiapan bisnis online
ilustrasi: irdgroup.com.au

 

2. Persiapan Membangun Bisnis Online

Sebelumnya, Anda telah mengetahui apa itu bisnis online, sekarang sebaiknya Anda melakukan persiapan untuk memulai bisnisnya. Apa saja persiapannya?

a. Buka Rekening Bank atau Dompet Elektronik

Akun rekening bank amatlah penting untuk dimiliki seorang pebisnis online, karena dalam bisnis online tak selalu bertatap muka dalam transaksi, maka pembayaran pun dilakukan tidak secara langsung tatap muka. Nah di situ lah peran pentingnya punya rekening bank dalam menjalankan bisnis online ini.

Membuka rekening bank cukup simpel, Anda tinggal mendatangi bank terdekat atau bank yang Anda kehendaki. Bawalah data diri (KTP), biasanya Anda diminta untuk mengisi formulir data diri di sana, kemudian biasanya ada setoran awal jumlahnya pun beragam, sesuaikan dengan uang yang Anda punya. Beberapa bank ada yang membuka dengan setoran awal Rp 100 ribu-an atau bahkan Rp 50 ribuan.

Selain menggunakan rekening bank untuk bertransaksi, Anda juga bisa memakai Dompet Elektronik (E-Wallet) atau bisa juga disebut Dompet Virtual. Nah Dompet virtual ini nantinya digunakan untuk menampung atau membayar transaksi online yang Anda lakukan.

Terdapat beberapa brand yang menyediakan servis dompet virtual seperti Doku, Sakuku, T-Cash, dll. Selengkapnya bisa Anda Googling dengan keyword “daftar aplikasi e wallet”.

Setelah Anda memahami dasar dari bisnis online dan mempersiapkan metode transaksinya, sekarang saatnya memilih dan menentukan macam bisnis online yang hendak Anda kerjakan dan bagaimana cara bisnis online.

Sebagai pemula, Anda bisa memilih bisnis online yang simpel dan relatif gampang dikerjakan. Apalagi kalau bukan menjadi Reseller online.

img cara bisnis online
image src: www.oberlo.com

3. Cara Bisnis Online

1. Menjual Produk Reseller/ Dropshipper/ Agen Online

Apa itu reseller online? Re-Seller berarti menjadi penjual yang menjual kembali barang. Misalnya, jika penjual di pasar membeli barang di produsen untuk distok kemudian dijual, maka penjual online juga membeli barang di produsen kemudian dijual secara online.

Namun ada pula Dropshipper, di mana Anda menjual barang ke konsumen namun tanpa distok dulu. Jadi Anda bekerjasama dengan produsen untuk menjualkan barang dengan harga yang telah ditentukan, jika barang tersebut laku maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Dropshipper ini juga sering disebut usaha online yang “tanpa modal” dalam artian tidak mengeluarkan uang secara langsung.

Anda bisa memanfaatkan media sosial Anda misalnya untuk menjual produk yang Anda punya. Anda juga bisa memanfaatkan Ecommerce seperti Bukalapak, Tokopedia, dsb.

a. Cara Mengirimkan Produk/Barang

Soal pengiriman? Saat ini banyak penyedia layanan kirim barang seperti JNT, JNE, Pos, Gojek, Grab, dan sebagainya, pilih yang ada di kota/daerah Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengemasan barang dagangan Anda supaya aman, seperti mengemasnya dalam kardus tertutup, balut dengan pita perekat/lakban supaya lebih rapat, dan jika produk Anda rawan pecah, boleh menggunakan Bubble Wrap supaya lebih aman.

Jangan lupa sebelumnya Anda tentukan dulu harga/ongkos kirim untuk ditambahkan ke harga produk Anda. Untuk cek ongkos kirim/ongkir bisa ke sini: ongkoskirim.id atau pluginongkoskirim.com atau langsung cek ongkos kirim ke website resmi penyedia jasa kirim.

b. Memilih Bisnis Reseller/Dropshipper

Bila Anda tak mau repot atau tidak punya suatu untuk dipasarkan, Anda bisa mencari produk lain untuk Anda jualkan. Sebelumnya, Anda telah pahami perbedaan antara reserller dan dropshipper, nah sekarang saatnya Anda tentukan brand yang menyediakan kerjasama program reseller online atau dropshipper.

Ada banyak produk yang membuka peluang kerjasama Reseller/Dropshipper salah satunya adalah Kakakoa chocolate.

img minuman coklat premium kakakoa

Kakakoa Chocolate

Kakakoa chocolate merupakan brand produk yang memproduksi olahan coklat baik sebagai minuman atau juga sebagai coklat batangan. Coklat yang semula plain , dikemas oleh Kakakoa menjadi coklat dengan modern, berwarna, dan terkini. Produk Kakakoa bisa Anda lihat di sini: https://shop.gallerys.id/product-brands/kakakoa/

Berminat untuk mencoba bisnis online bareng Kakakoa? Atau masih bingung dengan cara bisnis online itu sendiri? Langsung saja hubungi CS kami.

– Telp/WA: 0813-8050-2939
– WA Only: http://bit.ly/KakakoaWebWA
– BBM: D34B3C2B
– IG: @kakakoa
– WEB: www.kakakoa.com
– SHOP: https://shop.gallerys.id/product-brands/kakakoa/

 

 

header image: www.canstockphoto.com/VadimGuzhva/

[:]

Tinggalkan Balasan

Close Menu